10 Desa Wisata Memukau di Yogyakarta

Related image

Yogyakarta memang surganya tempat liburan. Mulai dari destinasi wisata alam sampai budaya semua ada di sini. Bila anda sudah pernah menelusuri jalanan Malioboro atau memburu sunset di Istana Ratu Boko, cobalah deh sesekali berwisata ke desa wisata yang ada di Yogyakarta. Terdapat beberapa aktivitas seru anti mainstream yang dapat anda kerjakan di desa-desa wisata ini, dari mulai menanam padi sampai membuat kerajinan dari gerabah.

Untuk anda yang ingin melarikan diri dari penatnya ibukota atau aktivitas satu hari – hari, berwisata ke desa wisata di Yogyakarta dapat jadi pilihan yang menarik. Sebagai rujukan, berikut ini ada 10 desa wisata menarik di Yogyakarta yang dapat jadi destinasi berlibur anda setelah itu.

1. Desa Wisata Kasongan

Desa wisata yang satu ini telah banyak diliput media, dari mulai koran sampai tv nasional. Desa wisata Kasongan ini terdapat di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul atau sekitar 7 km dari pusat kota Yogyakarta. Desa ini populer akan industri gerabahnya. Pengagum gerabah dari beragam penjuru Indonesia sering datang ke desa ini untuk beli gerabah dari beragam pengrajin di Kasongan. Selain beli gerabah yang telah jadi, anda dapat juga belajar bikin gerabah sendiri lho!

2. Desa Wisata Tembi

Ingin rasakan tinggal di daerah pedesaan yang nyaman, tenang dan asri sembari belajar mengenai kebudayaan Jawa? Anda dapat sekali bertandang ke desa wisata Tembi. Terdapat di Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul, desa wisata Tembi tawarkan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja galeri batik, galeri lukisan, retoran unik, cottage sampai Museum Tempat tinggal Budaya Tembi yang memiliki koleksi beragam perlengkapan tradisional yang umum dipakai orang-orang Jawa, seperti perlengkapan bertani, keris, tombak, gamelan, perlengkapan membatik dan ada banyak yang lain. Yang paling seru, anda dapat bermalam di cottage ataupun tempat tinggal – tempat tinggal warga dengan hanya membayar Rp 50. 000 – Rp 100. 000 per orang untuk satu malam. Seru sekali bukanlah!

3. Desa Wisata Manding

Desa wisata yang satu ini adalah sentra pengrajin kulit yang populer di Yogyakarta. Nyaris semua warga yang tinggal di desa ini berprofesi sebagai pengrajin beragam kerajinan yang terbuat dari kulit, seperti tas, sepatu, dompet, jaket, topi dan ada banyak yang lain. Desa wisata Manding ini terdapat di Jalan Parangtritis KM 11, Kabupaten Bantul. Di desa ini, anda tidak hanya dapat beli beragam aksesori yang terbuat dari kulit namun dapat pula lihat sistem pembuatan beragam barang kerajinan, belajar cara bikin kerajinan kulit sampai pesan aksesori ataupun kerajinan kulit sesuai sama apa yang diinginkan pada pengrajin setempat.

4. Desa Wisata Krebet

Desa wisata yang satu ini populer akan pahatan kayunya. Ada sekitar 14 sanggar seni yang ada di desa ini yang kerjakan beragam kerajinan dari kayu. Di desa ini anda dapat melukis batik diatas kayu, istilahnya batik kayu. Dari mulai gelang topeng sampai patung pun dapat didekorasi dengan motif batik. Anda dapat juga beli hasil kerajinan dari beberapa pengrajin di desa ini.

5. Desa Wisata Ketingan

Untuk penggemar burung harus sekali berkunjung di desa wisata Ketingan ini. Desa ini dikhususkan untuk tempat pelestarian burung Kuntul dan Blekok yang saat ini populasinya makin alami penurunan. Selain berkunjung ke tempat pelestarian burung, anda dapat juga berkunjung ke pasar burung yang jual beragam type burung lho!

6. Desa Wisata Trumpon

Anda sukai buah salak pondoh? Pas sekali bila singgah ke desa wisata Trumpon yang ada di Desa Merdikurejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman. Di desa agrowisata ini, anda dapat berkeliling kebun salak pondoh, menuai buah salak segera dari pohonnya dan makan sepuasnya. Anda dapat juga tahu seluk beluk salak pondoh di sini. Perkebunan salak di sini diatur sangat indah dan nyaman untuk dikilas balik. Diluar itu, anda dapat juga lihat Gunung Merapi dari menara pandang yang ada di desa ini lho!

7. Desa Wisata Sendari

Di desa wisata ini, anda dapat lihat pembuatan beragam aksesori berbahan baku bambu. Banyak di antara aksesori itu yang termasuk langka dan susah diketemukan di daerah lain. Diluar itu, anda dapat juga lihat beberapa pengrajin di desa ini yang bikin beragam jenis furniture dari bambu.

8. Desa Wisata Banyusumurup

Tidak sama dari desa-desa wisata sebelumnya, desa Banyusumurup adalah tempat di mana anda dapat lihat beberapa pengrajin bikin keris. Di desa ini, beberapa besar warganya yaitu pengrajin wirangka atau yang di kenal dengan sarung keris. Anda dapat melihat sistem pembuatan keris bahkan juga membelinya dengan cara segera ke pengrajin yang ada di desa ini.

9. Desa Wisata Brajan

Nyaris serupa dengan desa wisata Sendari, Desa Brajan juga diperkembang jadi sentra kerajinan bambu. Kerajinan memiliki bahan basic bambu yang dibuat di desa ini bahkan juga telah diekspor ke luar negeri lho! Di sini anda dapat temukan beragam type kerajinan bambu berkwalitas yang dapat jadikan oleh – oleh untuk keluarga dirumah. Informasi lainnya seputar perjalanan wisata kunjungi jakarta culture facts.

10. Desa Wisata Tanjung

Desa wisata yang satu ini diresmikan pada th. 2001 lalu dan tawarkan suasana tradisional orang-orang Jawa yang kental sekali. Dari mulai rutinitas orang-orangnya sampai perlengkapan yang digunakan. Desa wisata Tanjung ini berada di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman atau sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Beberapa hal yang dapat anda nikmati di desa ini, seperti turut warga bertani di sawah karena sebagian besar warga di desa ini berprofesi sebagai petani. Anda dapat juga bikin batik di desa ini, lihat atraksi jathilan, karawitan serta ciciblung yang asik sekali. Di desa ini dapat terdapat bangunan Tempat tinggal Joglo yang konon sudah berumur 200 th. lho!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s