Tips Traveling ke Bukit dengan Aman

Hasil gambar untuk traveling

Jika Kamu tidak yakin diri dengan kemampuan mendaki gunung karena ketinggiannya, mungkin traveling ke bukit dapat jadi solusi yang tepat. Kabupaten Kebumen yang kaya sumber daya alam memiliki banyak tempat perbukitan nan indah yang dapat dikunjungi. Hingga Kamu dan keluarga tetaplah dapat nikmati panorama dari atas bukit sembari meningkatkan adrenalin untuk mendaki. Tetapi sebelumnya mengambil keputusan untuk traveling ke bukit, perhatikan beberapa tips mendaki berikut ini agar berlibur Kamu tetaplah aman dan nyaman.

Memakai Pakaian Hangat

Nyaris sama dengan pegunungan, perbukitan juga memiliki hawa yang dingin dan sejuk. Hal semacam ini lumrah karena makin tinggi daratan dari atas permukaan laut maka akan makin rendah juga suhu udaranya. Hawa yang dingin itu dibuktikan karenanya ada kabut di banyak daerah perbukitan misalnya Bukit Kelimutu. Karenanya Kamu perlu memakai pakaian hangat saat berwisata di sana. Pakaian hangat yang dibawa juga bila dapat yang komplit agar Kamu tidak terserang hipotermia. Selain memakai jaket, gunakanlah kaos dan sweater di bawahnya untuk meyakinkan kalau badan betul-betul terproteksi. Janganlah lupa memakai kaus kaki, sarung tangan dan syal untuk tutup semua bagian badan Kamu. Badan yang terserang udara dingin dapat cepat capek mengakibatkan Kamu mungkin tidak dapat mendaki dengan lancar. Diluar itu, tutup semua badan juga ditujukan membuat perlindungan kulit dari nyamuk atau ranting karena beberapa bukit harus ditempuh dengan melalui rimba seperti Bukit Pranji.

Memilih alas kaki yang nyaman

Alas kaki yang digunakan untuk mendaki bukit atau gunung tidaklah alas kaki asal-asalan. Kamu perlu memilih alas kaki yang di buat khusus untuk pendakian agar kaki tetaplah merasa nyaman. Sandal atau sepatu gunung biasanya memiliki sol yang tebal dan kasar agar penggunanya tidak mudah jatuh terpeleset.

Membawa bekal yang cukup

Saat berada di perbukitan mungkin Kamu akan kesusahan temukan warung makan, ditambah lagi restoran. Baiknya buat persiapan bekal Kamu dengan masak agar selama perjalanan Kamu tidak merasa kelaparan atau kehausan. Membawa nasi memang tidak sangat mungkin karena makanan itu dapat cepat basi. Kamu dapat membawa roti dan beberapa camilan yang lain untuk isi perut. Janganlah lupa membawa air putih dalam jumlah yang banyak. Tetapi pastikan Kamu tidak buang sampah asal-asalan setelah makan atau minum agar lingkungan di sekitar perbukitan tidak jadi kotor dan tercemar.

Melindungi jarak dari binatang liar

Bila Kamu bertandang ke bukit yang jalannya ditempuh dengan melalui rimba, maka Kamu harus waspada bila berjumpa satwa liar. Jagalah jarak dan janganlah dekat-dekat karena hewan liar mungkin menyerang dengan spontan apa yang mendekatinya. Ada sangat banyak penawaran perlindungan yang menawarkan beragam peluang kerugian yang sudah diantisipasi melalui sebuah jaminan seperti best tour travel jakarta.

Mendaki berbarengan dengan rombongan

Bawalah rombongan keluarga atau rekan untuk mendaki bukit berbarengan. Mendaki sendirian atau hanya berdua saja pasti akan beresiko. Dengan datang berbarengan, maka keduanya dapat sama-sama melindungi dan lengkapi. Datang berbarengan juga menghindari Kamu dari bebrapa kemauan orang jahat yang mungkin ingin mengambil beberapa barang bernilai Kamu.

Tersebut beberapa tips mendaki yang dapat Kamu buat persiapan sebelumnya mendaki bukit. Rencanakan berlibur Kamu dengan masak. Tetapi baiknya janga mendaki bukit jika Kamu memiliki penyakit tertentu yang bisa kambuh dengan cara mendadak. Janganlah mengakibatkan kerusakan sekitar lingkungan rimba, seperti tumbuh-tumbuhan yang ada disana. Sebagai pengunjung, telah semestinya Kamu ikut melindungi, bukanlah jadi merusaknya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s