TIPS PERJALANAN BERLIBUR KE TIONGKOK

Afbeeldingsresultaat voor tiongkok

Pada umumnya, tantangan terbesar perjalanan berlibur ke Tiongkok yaitu bhs. Susah temukan orang lokal yang dapat bhs Inggris. Tulisan pun nyaris semua panduan dalam tulisan tradisional Tiongkok. Bahkan juga untuk kata yang sederhana pun umumnya tidak memahami, misalnya angka 1 sampai 10 atau barang keperluan keseharian seperti air minum, sendok, kereta api dan sebagainya. Jadi susah untuk berkomunikasi.

Tetapi umumnya orang Tiongkok sangat baik dan berlaku suka menolong. Hanya terkadang karena terhalang bhs mereka juga bingung bagaimana membantu beberapa turis. Umumnya kesusahan perjalanan di Tiongkok yaitu arah jalan. Selain bentuk jalanannnya yang banyak cabang juga minim panduan dalam bhs Inggris.

Alternatif yang lain yang wajib kamu lakukan dalam perjalanan wisata ialah menghemat biaya liburan dengan mencari harga promo. Apabila kamu penasaran dan mungkin kamu dapat kunjungi situs yang menawarkan layanan perjalanan seperti jakarta free walking tour.

Toilet umum
Telah jadi rahasia umum keadaan toilet umum di Negara Gorden Bambu ini memang berbeda keadaannya dengan toilet umum di negara lain biasanya. Terkadang mengganggu perjalanan. Namanya juga buang hajat ya tentu manusiawi terjadi saat di perjalanan. Apa ingin dikata ya memang harus dihadapi.

Restoran halal
Biasanya restoran atau tempat makan di Tiongkok memang sediakan menu daging babi. Namun janganlah salah, restoran non babi juga ramai dikunjungi orang-orang lokal. Di setiap pojok jalan selalu ada saja restoran atau tempat makan yang memiliki loabel restoran Muslim. Ini artinya restoran ini tidak sediakan menu daging babi. Yang penting, kita sabar dan rajin mencarinya. Janganlah capek juga ajukan pertanyaan pada staf di penginapan atau orang-orang lokal dimana tempat restoran Muslim.

Money changer
Tempat penukaran uang di Tiongkok yaitu di bank bukanlah di kios jual beli uang. Jadi janganlah bertanya money changer, namun cari bank. Harga nya rata-rata sama di setiap bank. Paling nyaman dan mudah yaitu menukar dengan dollar AS. Bila tidak membawa uang tunai, di penjuru kota-kota di Tiongkok selalu ada ATM. Jadi penukaran uang bukanlah lah permasalahan besar di Tiongkok. Hanya berharap dicatat waktu operasional bank terbatas, tidak 24 jam. Jadi pastikan menukar uang hanya pada pukul waktu kerja. Biasanya bank buka mulai jam 09. 00 sampai 15. 00.

Sumpit
Apapun makanannya cara makannya gunakan sumpit. Sup atau kuah pun dihidangkan dengan sumpit. Orang-orang Tiongkok umum makan dengan menyeruput. Janganlah kaget bila di saat makan terdengar nada bunyi mulut yang di rasa oleh kita sikap yang kurang sopan. Di Tiongkok ini tingkah laku umum. Bila ingin makan dengan sendok dapat minta ke pegawai restoran. Sendoknya juga bukanlah sendok panjang seperti biasanya di Indonesia tetapi sendok porselen yang pendek dan gemuk.

Dasarnya, janganlah menjadikan semua tantangan di perjalanan sebagai rintangan. Malah semua ketidaksamaan dan tantangan ini jadikan cerita seru selama perjalanan. Semakin banyak narasi semakin banyak nostalgia perjalanan yang sangat indah untuk diingat di masa datang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s